Sabtu, 12 Juni 2010

Video Editing di MS. Office PowerPoint

Bila sahabat orang kantoran atau mahasiswa mungkin tidak lazim lagi mendengar kata-kata "Persentasi". Kadang kala isi dalam persentasi bukan hanya berupa data atau gambar saja. Audiens akan merasa jenuh bila sahabat hanya menampilkan data atau gambar saja pada persentasi. Agar audiens tidak merasa jenuh dengan persentasi yang sahabat akan tampilkan, ada baiknya ditambah dengan video, tentu saja video yang sahabat tampilkan sesuai dengan tema persentasi sahabat.
Nah,,,,permasalahannya bagaiman cara memasukkan video tersebut??Juga memotong video tersebut??


Mudah kok, disini saya akan mencaoba menjelaskan cara menyisipkan video pada persentasi sahabat. Sahabta tidak perlu repot mencari software video editing, cukup menggunakan Microsoft Office PowerPoint 2010.

Begini langkah-langkahnya :
  1. Buka aplikasi PowerPoint lalu buka slide yang dipasangi video.
  2. Klik menu pilih "insert > Video > Video Form File". Pilih file video yang akan digunakan, lalu klik "insert".
  3. KLik kanan video, lalu Trim video.
  4. Untuk memotong video, geser slide berwarna hijau di posisi awal video yang diinginkan. Untuk menentukan batas akhir video, geser slide yang berwarna merah. Sahabta juga bisa menentukan waktu secara  spesifik dengan mengisi kolom Start Time dan End Time sesuai durasi video.
  5. Kli "Ok". Seketika itu juga video sahabat sudah terpotong. Bila sahabat memulai persentasi, PowerPoint hanya akan memutar video di area yang sudah ditentukan saja.
Itulah langkah-langkahnya, sekarang tinggal sahabat yang menentukan mau ditaruh dislide mana video tersebut.
Selamat mencoba,,,,,,,,,,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar